neswaynow

neswaynow

Jika anda pernah menggunakan moda transportasi laut kapal penyeberangan besar, Mungkin sudah tidak asing lagi jika anda mendengar akan kata-kata anak logam. Anak yang sengaja berenang untuk menunjukan kebolehan mereka dalam menyelam dan berenang dilaut lepas saat kapal sedang bersandar menjadi perhatian khusus untuk para penumpang. Apalagi jika para penumpang melemparkan uang logam ke dalam laut maka dengan cepat anak logam ini akan menyelam dan menunjukan bahwa ia telah mendapatkan uang tersebut.

Perjalanan itu pernah saya alami saat menyeberangi melalui Bakaheuni Lampung untuk beranjak pulang menuju pelabuhan Merak Banten. Waktu untuk dapat menemukan anak logam tersebut biasanya sore hari menjelang malam. Bahkan ada yang berani ditantang untuk melompat dari cerobong asap kapal yang lumayan tinggi.

Akan tetapi kini Anak logam tersebut sudah jauh berbeda dengan yang dahulu, Kini mereka tidak lagi senang untuk dilemparkan uang logam. Bukan tanpa alasan dikarenakan kondisi air yang sudah keruh menjadi penyebab sulitnya jika mereka mencari uang logam di dalam air. Mereka lebih senang jika dilemparkan uang kertas, Lalu masih bisakah mereka kita sebut anak logam ? Pesan yang ingin mereka sampaikan sebenarnya ajakan untuk menjaga kebersihan laut kita juga kebersihan lingkungan kita yang menjadi tanggung jawab kita semua tanpa terkecuali. (tatang.s)