newsaynow

newsaynow

Mungkin bagi sebagian orang kalau merasa gatal pada area telinga bagian dalam merasa nyaman kalaumelakukan pembersihan menggunakan cotton buds. Ternyata hal tersebut sangat beresiko bagi kesehatan telinga itu sendiri. Karena cotton buds disarankan hanya untuk bagian luar telinga saja tidak boleh sampai masuk kedalam telinga. Karena dapat menyebabkan kotoran terdorong kedalam telinga yang lebih dalam lagi dan menumpuk didalam telinga sehingga dapat menggangu pendengaran. Menurut para ahli secara ilmiahtelinga dapat mengeluarkan pelumas untuk melindungi telinga dari bakteri dan debu.

Secara tidak langsung dengan aktifitas kita berbicara ataupun mengunyah ternyata dapat mengeluarkan kotoran dari telinga karena efek gerakan dari mulut. Biasanya ada juga terapi yang dilakukan seperti ear candle atau terapi yang dilakukan untuk membersihkan dan mengeluarkan kotoran dari dalam telinga oleh para terapis.

Jadi kurangi membersihkan telinga bagian dalam menggunakan cotton buds karena sangat beresiko. Juga periksakan telinga anda ke dokter dua kali dalam setahun untuk menghindari resiko yang berlebih pada telinga.(tatang.s)